Jurnal resume

Nama jurnal edisi volume :

JAAI Volume 9 No. 1, Juni 2005

Peneliti : Tumirin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik Topik judul : Analisis Variabel Akuntansi Kuartalan, variable pasar, dan arus kas operasi yang mempengaruhi Bid-Ask Spread.

Variabel yang digunakan :

X : Asset growth merupakan variable pertumbuhan aktiva yang didefinisikan sebagai perubahan total aktiva perusahaan selama 12 kuartal, – Leverage didefinisikan sebagai nilai buku total hutang jangka panjang dibagi dengan total aktiva, digunakan untuk mengukur besarnya aset perusahaan yang dibiayai dengan hutang jangka panjang. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: – Liquidity diukur sebagai current ratio yaitu aktiva lancar dibagi dengan hutang lancar. Liquidity mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang lancar dengan cepat. – Earnings variability merupakan variabilitas laba yang diukur dengan nilai deviasi standar dari EPR (earnings price ratio) atau rasio PE (laba perusahaan dibagi dengan harga saham). Semakin tinggi EPR suatu perusahaan, maka bila harga sahamnya tetap berarti earnings per lembarnya semakin tinggi. Demikian sebaliknya.

Y : Variabel dependen dalam pengujian bid-ask spread adalah ask price dikurangi bid price dibagi dengan rerata ask price ditambah bid price yang dirumuskan sebagai berikut: Notasi: BA = proporsional bid-ask spread Ask = harga penawaran terendah Bid = harga permintaan tertinggi Tujuan penelitian : – Untuk mengetahui apakah kandungan informasi variabel akuntansi kuartal interim mempunyai perbedaan dengan kandungan informasi variable akuntansi kuartal keempat dalam mempengaruhi bid-ask spread disekitar pengumuman laporan keuangan.

Alat Analisis :

Alat analisis regresi dapat menunjukkan hubungan yang valid atau tidak bisa dan sebaliknya. Model ini valid yang harus dipenuhi yaitu tidak terjadi multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas.

Hasil penelitian :

konsisten terhadap pengumuman laporan keuangan kuartal interim maupun laporan keuangan kuartal keempat, yang berarti bahwa rasio arus kas operasi tidak memberikan tambahan informasi yang dapat menurunkan informasi asimetri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s