5 Jurnal akuntansi

Nama : Andreas noveria

Kelas : 3 EB 14

NPM : 20207109

1. Nama jurnal, edisi, volume : Jurnal pengaruh arus kas dan laba akuntansi terhadap return saham Vol. 02, No. 01.

Januari Peneliti : Putu Ari Dharma Laksmi Ni Made Dwi Ratnadi , Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Topik judul : Dampak pemoderasian komponen Arus Kas Terhadap Hubungan Laba Akuntansi dengan Return.

Variabel yang digunakan : X : Arus kas adalah informasi tentang kas masuk dengan kas keluar. Arus kas ada tiga, yaitu sebagai berikut. Y : Return saham (Y) adalah pendapatan yang diterima oleh para pemegang saham dalam bentuk dividen dan capital gain yang dihitung dengan cara membandingkan antara dividen yang dibagikan ditambah dengan selisih harga penutupan saham tahun sekarang dengan tahun sebelumnya dibagi dengan harga penutupan saham pada periode sebelumnya.

Tujuan penelitian : Untuk memprediksi kegagalan, menaksir risiko, memprediksi pemberian pinjaman, penilaian perusahaan, dan memberikan informasi tambahan pada pasar modal.

Alat Analisis : Model regresi linear yang digunakan untuk tiap-tiap hipotesis adalah sebagai berikut. (1) Hipotesis pertama akan diuji dengan model regresi sederhana sebagai berikut: RS = a + b1 LAk + e (2) Hipotesis kedua akan diuji dengan model regresi berganda sebagai berikut: RS = a + b1Lak + b2 AKO + b3 Lak.AKO + e (3) Hipotesis ketiga akan diuji dengan model regresi berganda sebagai berikut: RS = a + b1Lak + b2 AKI + b3 Lak.AKI + e (4) Hipotesis keempat akan diuji dengan model regresi berganda sebagai berikut: RS = a + b1Lak + b2 AKP + b3 Lak.AKP + e Keterangan: RS = return saham AKI = arus kas investasi LAk = laba akuntansi AKP = arus kas pendanaan AKO = arus kas operasi a = konstanta b1, b2, b3, = koefisien regresi e = error.

Hasilnya penelitian : Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa laba akuntansi berpengaruh signifikan terhadap return saham terbukti sehingga hipotesis pertama diterima. Hipotesis kedua arus kas operasi tidak mampu memoderasi hubungan antara laba akuntansi dengan return saham sehingga hipotesis kedua tidak diterima. Hipotesis ketiga arus kas investasi tidak mampu memoderasi hubungan antara laba akuntansi dengan return saham sehingga hipotesis ketiga tidak diterima. Hipotesis keempat arus kas pendanaan tidak mampu memoderasi hubungan antara laba akuntansi dengan return saham sehingga hipotesis keempat tidak diterima. Inkonsistensi hasil riset.

2. Nama jurnal, edisi, volume : Jurnal Riset Akuntansi, vol.3 No.1, 23-26 Agustus 2006

Peneliti : Meythi, staf pengajar Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Topik judul : Pengaruh Arus Kas Operasi terhadap harga saham dengan Persistensi laba sebagai variabel intervening.

Variabel yang digunakan : X : Ukuran Perusahaan, Persistensi laba adalah properti laba yang menjelaskan kemampuan perusahaan untuk mempertahankan jumlah laba yang diperoleh saat ini sampai masa mendatang, Y : Price Earnings Ratio (PER) sebagai salah satu variabel kontrol dalam model regresi , Earnings Yield (EY), Notasi: Rt = Return saham pada periode ke-t Pt = Harga saham periode pengamatan Pt-1 = Harga saham periode sebelum pengamatan

Tujuan penelitian :

- Menguji kandungan informasi earnings yang berguna untuk memprediksi return.

- Menguji apakah data arus kas mempunyai kandungan informasi dalam hubungannya dengan harga saham.

- Menguji kemampuan earnings dan arus kas dalam memprediksi earnings dan arus kas masa depan.

Alat penelitian : Alat penelitian regresi model linier dengan pendekatan levels dan return untuk mengetahui kandungan informasi arus kas, komponen arus kas dan laba akuntansi terhadap harga atau return saham.

Hasil penelitiannya : Menunjukkan bahwa dengan model level, total arus kas tidak mempunyai hubunganyang signifikan dengan harga saham, tetapi pemisahan arus ke dalam komponen arus kas operasi, arus kas pendanaan, dan arus kas investasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan harga saham. Inkonsistensi hasil riset.

3. Nama jurnal, edisi, volume : JAAI Volume 9 No. 1, Juni 2005

Peneliti : Tumirin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik Topik judul : Analisis Variabel Akuntansi Kuartalan, variable pasar, dan arus kas operasi yang mempengaruhi Bid-Ask Spread.

Variabel yang digunakan : X : Asset growth merupakan variable pertumbuhan aktiva yang didefinisikan sebagai perubahan total aktiva perusahaan selama 12 kuartal, – Leverage didefinisikan sebagai nilai buku total hutang jangka panjang dibagi dengan total aktiva, digunakan untuk mengukur besarnya aset perusahaan yang dibiayai dengan hutang jangka panjang. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: – Liquidity diukur sebagai current ratio yaitu aktiva lancar dibagi dengan hutang lancar. Liquidity mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang lancar dengan cepat. – Earnings variability merupakan variabilitas laba yang diukur dengan nilai deviasi standar dari EPR (earnings price ratio) atau rasio PE (laba perusahaan dibagi dengan harga saham). Semakin tinggi EPR suatu perusahaan, maka bila harga sahamnya tetap berarti earnings per lembarnya semakin tinggi. Demikian sebaliknya. Y : Variabel dependen dalam pengujian bid-ask spread adalah ask price dikurangi bid price dibagi dengan rerata ask price ditambah bid price yang dirumuskan sebagai berikut: Notasi: BA = proporsional bid-ask spread Ask = harga penawaran terendah Bid = harga permintaan tertinggi Tujuan penelitian : – Untuk mengetahui apakah kandungan informasi variabel akuntansi kuartal interim mempunyai perbedaan dengan kandungan informasi variable akuntansi kuartal keempat dalam mempengaruhi bid-ask spread disekitar pengumuman laporan keuangan.

Alat Analisis : Alat analisis regresi dapat menunjukkan hubungan yang valid atau tidak bisa dan sebaliknya. Model ini valid yang harus dipenuhi yaitu tidak terjadi multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas.

Hasil penelitian : konsisten terhadap pengumuman laporan keuangan kuartal interim maupun laporan keuangan kuartal keempat, yang berarti bahwa rasio arus kas operasi tidak memberikan tambahan informasi yang dapat menurunkan informasi asimetri.

4. Jurnal akuntansi dan keuangan Maret 2007 Peneliti : Anita Ardiani

Judul : Analisis kinerja keuangan terhadap perubahan harga saham pada perusahaan perbankan di bursa efek jakarta (BEJ)

Variabel yang digunakan : Y (Harga Saham) pada perusahaan perbankan go public X1: (Capital Adequacy Ratio), X2: (Return On Risked Assets), X3: (Return On Assets), X4:(Loan To Deposits Ratio), X5: (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional) dan X6:(Net Profit Margin) a. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio- rasio keuangan CAR, RORA, NPM, ROA, BOPO dan LDR terhadap perubahan harga saham di Bura Efek Jakarta (BEJ). b. Untuk mengetahui seberapa besar kontribusi CAR, RORA,NPM, ROA, BOPO dan LDR mampu menjelaskan varian harga saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Alat analisis: analisis regresi berganda.

Hasil penelitian : Terdapat pengaruh yang signifikan antara CAR, RORA, dan LDR terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Jakarta secara parsial, artinya Ha diterima. Sedangkan hasil uji parsial untuk ROA, BOPO dan NPM terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Jakarta tidak berpengaruh secara signifikan, artinya Ha ditolak.

5. Armaini Akhirson1 (Fakultas ekonomi universitas gunadarma) dan Risma Ulfani2 (Fakultas ekonomi universitas gunadarma).

Topik penelitian : Pengaruh ukuran perusahaan dari segi total saham,jumlah pemegang saham dan ukuran perusahaan dari segi total aktiva terhadap luas ungkapan wajib (MANDATORY DISCLOSURE) laporan tahunan perusahaan real estate go public di BEI periode 2007

Variabel yang digunakan : Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda, karena terdiri dari satu variabel dependen dan beberapa variabel independen. Persamaan dirumuskan sebagai berikut. DIS = β0 + β1 UKPUR_SA + β2 JUMPA+ β3 UKPUR_AK + ε.

Alat analisis : Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel ukuran perusahaan dari segi total saham, jumlah pemegang saham dan ukuran perusahaan dari segi total aktiva berpengaruh terhadap luas ungkapan wajib (mandatory disclosure) laporan tahunan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 30 perusahaan yang bergerak dalam bidang real estate.

Hasil penelitian : Dari ketiga variabel independen yang digunakan dalam penelitian hanya dua yang berpengaruh signifikan terhadap mandatory disclosure yaitu ukuran perusahaan dari segi total saham dan jumlah pemegang saham. Sedangkan ukuran perusahaan dari segi total aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap mandatory disclosure dikarenakan tingkat pengungkapan laporan tahunan masih sangat rendah dan dalam ukuran perusahaan dari segi total aktiva tidak dilakukan stratifikasi.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to 5 Jurnal akuntansi

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Comments are closed.